For what i feel, what i see, what i hear, what i dream of, what i used to be, what i would be. Here i am. Just take a deep breath, then read!

Tuesday, May 21, 2013

PHS (Post Holiday Syndrome)

Saya pikir-pikir, traveling itu paling menyenangkan adalah justru pada saat sebelum berangkat. Rasanya asik banget gitu merencanakan ini itu, mulai dari mau ke mana, menginap di mana, beli tiket, urus visa, dll. Browsing pun makin seru, mulai dari baca tips di forum, baca situs pariwisata, lihat gambar hostel, dsb. Makin mendekati Hari-H makin semangat, sampe-sampe semalam sebelumnya saya nggak bisa tidur! Kenapa bukan pas traveling? Yah, pas jalan-jalan sih enak juga, tapi tidak se-excited sebelum berangkat. Capek adalah faktor yang terutama sih. Apalagi kalau ke suatu tempat yang luas dan sulit berkomunikasi karena kendala bahasa, rasanya jadi capek fisik dan mental.
Tapi biar bagaimanapun juga, paling parah adalah sehabis pulang liburan. Apalagi kalau liburannya lebih dari dua minggu. Rasanya tambah males kerja. Beberapa hari sebelum liburan berakhir, udah mulai mikir, “Anjrit, masuk kantor lagi deh!”. Dalam perjalan pulang, tambah males mikirin si bos yang bakal ngasih seabrek-abrek kerjaan yang udah ditinggalin, bayangin meeting ini program itu, bayangin kolega yang biang gosip,  bayangin macetnya jalan ke kantor, dll dsb. Dan puncaknya adalah pagi hari di saat hari pertama kembali ke kantor. Ya ampyun, mau bangun aja maleessss banget!
Post-holiday syndrome adalah sindrom yang terjadi setelah liburan berupa perasaan tidak nyaman karena sulit beradaptasi kembali terhadap pekerjaan atau rutinitas. Hal itu wajar aja sih dan bukanlah suatu penyakit. Biasanya cuma terjadi maksimum seminggu pertama. Karena kita udah terbiasa relaks selama liburan sehingga kembali ke tantangan bekerja membuat sistem tubuh kita jadi mengalami shock. Kedengerannya serem, tapi itulah yang terjadi. Ciri-ciri fisiknya: capek, pegel, pusing, rasa ngantuk yang amat sangat, napsu makan berkurang, dan susah konsentrasi. Ciri-ciri mentalnya: jadi cuek, bego, sedih (karena ninggalin so much fun), dan rasa cemas (anjrit, duit gue abis! Kudu kerja rodi lagi deh!). Secara hati dan pikiran masih di tempat liburan, tapi badan terperangkap di kantor!
Tidak semua orang kena sindrom ini. Setiap orang pun efeknya berbeda. Saya pribadi sih selain ciri-ciri di atas, punya tambahan ciri tersendiri, yaitu jadi pelupa. Mulai dari terlambat ngantor karena ketinggalan ini itu di rumah. Sampai di kantor, lupa password komputer, email, telepon. Begitu mau ambil duit, lupa PIN ATM! Arrgh! Terus saya juga lupa dengan tanggal, hari, jam – padahal harus bikin janji meeting lagi. Parahnya, lupa pula nama-nama orang yang harus dihubungi sehingga nyari di email pun susah payah. Mau telepon orang dengan cara melihat contacts di hape pun lupa. Si itu namanya siapa, perusahaannya apa ya? Haduh!

Makanya, sebaiknya kembali 1-2 hari sebelum masuk kantor. Maksudnya untuk ‘balas dendam’ dengan tidur yang banyak dan makan makanan rumah yang enak. Karena tubuh kita perlu adaptasi. Apalagi pergi ke tempat yang berbeda zona waktu sehingga mengalami jet lag. Kalau masih suka pulang mepet, 2 hari terakhir di tempat liburan dibikin slow. Aktivitas yang bikin capek dikurangi, isinya cuman leyeh-leyeh doang.

Next, sebelum pergi liburan, buatlah daftar pekerjaan yang harus di-follow up beserta kontaknya. Dengan demikian, begitu masuk kantor lagi tidak terlalu ribet untuk memulainya.

Then, ubah mindset. Relakan kenikmatan liburan berlalu. Mulai lah fokus pada pekerjaan dengan menanamkan di kepala “harus giat bekerja supaya bisa jalan-jalan lagi”.

Beberes. Kita akan tambah bete kalo di sekeliling kita berantakan. File-file di meja bertumpuk, baju-baju belum dicuci, billing yang belum dibayar. Makanya buruan beberes. Kalau perlu, rubah dekorasi meja kantor atau pindahkan furnitur di kamar.

Kalau masih gak ampuh juga, ganti kerjaan aja kali ye? Eits, jangan dianggap enteng. Kalau kita rasanya udah males banget sama kerjaan sekarang, pikirin bener-bener deh. Apakah saya happy dengan kerjaan ini? Apakah sesuai dengan minat dan bakat kita? Apakah bayarannya sesuai? Kalau jawabannya tidak, segera putar otak untuk cari kerjaan baru.

Kalau saya sih caranya gampang, rencanain aja lagi next holiday trip. Nah, mood jadi bahagia lagi deh! Kamu gimana?

0 komentar:

Post a Comment

Written by tvelofas. Powered by Blogger.

© Je Suis Moi ♥♥, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena